Tanda Orang Beruntung

Secara umum orang – orang ketika ditanya apakah mereka ingin menjadi orang yang beruntung pastinya akan menjawab “Ya”, mereka ingin menjadi orang yang beruntung. Beruntung sendiri mempunyai pengertian bertemunya kesiapan dengan kesempatan.

Ada pula yang mendefinisikan kata beruntung sebagai perpaduan antara pintar dengan waspada. Keberuntungan selalu bermakna sesuatu yang positif, sehingga merupakan hal yang wajar ketika seseorang yang pintar dan juga mampu waspada dalam kehidupannya akan mengalami kehidupan yang penuh keberuntungan.

Pintar berarti ia mengetahui ilmunya dalam melakukan sesuatu perbuatan. Sedangkan waspada berarti ia mampu menjaga diri terhadap hal – hal yang berada dalam area abu – abu, dan hanya menggunakan hal – hal yang terjaga. Sebagai hadiahnya, ia akan mendapat keberuntungan atasnya.

Keberuntungan terbesar bagi orang Islam adalah ketika dapat selamat dari siksa neraka kelak ketika kita berada di akhirat. Adapun tanda – tanda orang yang beruntung yaitu :

  1. Banyak Mengingat Dosa Yang Telah Dilakukan.  Dengan senantiasa mengingat dosa yang pernah kita lakukan, maka kita akan merasa bahwa dosa yang pernah kita lakukan sudah terlalu banyak sehingga kita akan berusaha untuk selalu menjauhkan diri dari melakukan perbuatan dosa baru. Hal ini menjadikan kita bersikap waspada.
  2. Melupakan Kebaikan Yang Telah Dilakukan. Kita akan merasa bahwa amal perbuatan baik yang telah lakukan ternyata masih sangat sedikit sehingga akan terus menerus berusaha untuk selalu menambah jumlah amal perbuatan baik kita. Hal ini menjadikan kita terus termotivasi untuk berbuat kebaikan, baik untuk diri sendiri, maupun orang lain. Hasil akhirnya adalah kita menjadi orang yang baik. Orang baik akan mudah mendapat kebaikan.
  3. Melihat Ke Atas Dalam Bidang Agama. Hal ini akan merangsang motivasi kita untuk terus menambah dan meningkatkan kuantitas dan kualitas kita dalam beribadah demi mewujudkan kehidupan bahagia kelak di alam akhirat. Mengapa dalam bidang agama? Karena agama selalu mengajarkan kebaikan bagi para pemeluknya. Tidak hanya Islam, namun agama lain pun mengajarkan perbuatan baik bagi para pemeluknya.
  4. Melihat Ke Bawah Dalam Hal Keduniaan. Dengan mengingat hal ini, kita akan selalu dapat untuk selalu bersyukur atas begitu banyak nikmat yang telah kita terima dibandingkan dengan mereka yang kurang beruntung di bandingkan dengan kita. Dengan senantiasa bersyukur, maka kita akan senantiasa bahagia. Disamping memunculkan rasa syukur, dapat kita lihat fenomena bahwa ketika orang memandang dalam hal keduniaan pada orang – orang yang berada di atas mereka, hal ini akan cenderung menjadikan orang tersebut untuk menghalalkan segala cara agar dapat menyamai orang yang di atasnya tersebut. hal ini menjadikan mereka melakukan hal – hal yang buruk seperti halnya korupsi, suap, dan berbagai hal kotor lainnya.

Semoga saja, kita dapat mengambil hikmah dari keempat tanda orang yang beruntung ini dan menjadikan kita untuk berlomba – lomba dalam mengamalkannya sehingga pada akhirnya kita memiliki tanda sebagai orang yang beruntung dan kelak kita mendapatkan keberuntungan terbesar dengan ditempatkan di surga-Nya.

Mau kan menjadi salah satu orang yang beruntung …..?! J

Leave a Reply